be My self: Psikologi Bentuk

Pages

Selasa, 28 Februari 2012

0

Psikologi Bentuk

Bentuk bisa digunakan untuk menarik respon dari pengunjung. Penggunaan Bentuk yang efektif akan secara psikologi mengmotivasi pengunjung, menginspirasi pengunjung dan memberikan tantangan kepada pengunjung, kadang tanpa si pengunjung menyadari kenapa bisa termotivasi,dsb.

Tabel di bawah menerangkan arti universal (secara psikologis) dari bentuk.
BENTUK RESPON PSIKOLOGIS
Lingkaran - Koneksi, Komunitas, Keseluruhan, Ketahanan, Pergerakan, Keamanan.
- Referensi untuk perasaan kewanitaan : Kehangatan, Kenyamanan, Sensualiatas, dan Cinta
Kotak - Keteraturan, Logis, Keamangan.
- Kotak juga adalah dasar dari objek 3 dimensi yang berarti Berat, Massa, dan Kepadatan
Segi Tiga - Energi, Power, Keseimbangan, Hukum, Ilmu Pasti, Agama.
- Juga sebagai referensi untuk perasaan maskulin : Kekuatan, Agresi, dan Pergerakan yang dinamik.
Bentuk, biasanya bisa digabungkan untuk membuat kesan yang lebih kuat. Misalnya penggunaan sebuah Lingkaran dan sebuah SegiTiga, akan menghasilkan kesan energetik, dan dinamik. Atau penggunakan sebuah Lingkaran dan sebuah Persegi untuk kehangatan dan perasaan aman.
Kekuatan dari Bentuk dan kombinasi Bentuk telah ditujukan di berbagai bidang, seperti Automotif, Bangungan, Kemasan Produk, dan Logo Perusahaan.
Kekuatan dari Bentuk yang paling banyak diimplementasikan mungkina adalah sewaktu membuat Logo Perusahaan. Salah satu contoh dari kekuatan yang dihasilkan dari penggabungan Bentuk adalah Logo dari FedEx. Gambar #2 menunjukan situs dari FedEx. Perhatikan Logo yang terletak di pojok kiri atas. Perhatikan bentuk yang terbentuk oleh ruang antar 'E' dan 'x' adalah sebuah tanda panah ke arah kanan. Kebanyakan dari kita tidak akan menyadari akan adanya tanda panah tersebut, tapi ini bukanlah sebuah kebetulan. Sekarang kita lihat bentuk yang membentuk tanda panah itu, yaitu sebuah persegi dan sebuah segitiga, yang berarti : Keamanan.
Kita lihat di kedua situs fiktif kita. Adalah sangat mudah untuk menentukan kalau untuk perusahaan konservatif seperti Bank Obral Kredit, maka yang paling pas adalah persegi dengan kombinasi segi tiga. Tujuannya adalah untuk kesan kokoh, aman, dan bersahabat.

dirangkum : dari berbagai sumber

0 komentar: